Rich Without Risk

Click here to edit subtitle

Joy Astro

'Saya Bekerja Bukan Untuk Uang, Tetapi Untuk Membantu Orang Lain'

Joy Astro memulai karier sebagai presenter berita di pada tahun 2001, beliau memandu sejumlah program berita seperti Nuansa Pagi, Seputar Indonesia, Buletin Malam, Liputan 6 SCTV, Buser, dan Derap Hukum. Di awal 2004, namanya mulai berkibar sebagai presenter. Sepanjang kariernya di dunia newsanchor beliau telah mendapatkan penghargaan: Panasonic AwardsSCTV Awards, dan banyak lainnya yang membuat namanya kian berkibar. Saat ini, selain masih menjadi presenter berita di Liputan 6, beliau juga bertugas di Departemen Current Affair dan dipercaya sebagai produser program Sigi Investigasi yang berhasil menyabet penghargaan sebagai Program Investigasi Terbaik di ajang Panasonic Gobel Awards 2012.

Di sela kesibukannya sebagai anchor dan produser yang telah digelutinya selama 13 tahun, seorang Joy Astro juga tercatat sebagai pemilik gerai Mie Tarik Gandeng, berikut perbincangan kami team RichWithoutRisk bersama beliau tentang pandangan beliau terhadap bisnis Talk Fusion yang sedang “hangat” saat ini: 


Bagaimana awalnya Anda bergabung di Talk Fusion?

Sebelum saya bergabung di Talk fusion saya masih menjalankan bisnis multi level marketing berbasis produk kesehatan. Suatu hari teman saya menghubungi saya dan memberitahu bahwa beliau mempunyai janji bertemu dengan Pak Marsel untuk menawarkan property, pada waktu itu saya sempat memberitahu teman saya untuk tidak bergabung di Talk Fusion.

Setelah bertemu dengan Pak Marsel, teman saya menceritakan bahwa dalam pertemuan tersebut beliau telah memberikan pertanyaan yang banyak sekali dan menyudutkan tentang bisnis Talk Fusion, dan yang mengherankan Pak Marsel bersikap biasa-biasa saja dan bisa memberikan jawaban yang positif untuk semua pertanyaan.

Singkat kata, saya berkata kepada teman saya: “Jika Anda ingin mengajak saya bergabung tidak perlu berbelit-belit, kalau Anda bergabung maka saya juga bergabung dengan syarat saya ingin dipertemukan dahulu dengan Pak Marsel karena saya sama sekali tidak paham mengenai IT.”

Keesokan harinya saya bertemu Pak Marsel, baru saja beliau memulai presentasi saya menerima telepon dari produser saya yang menyampaikan bahwa sudah saatnya untuk siaran. Saat itu juga saya memutuskan untuk bergabung di Talk Fusion karena saya mendengar penjelasan dari Pak Marsel mengenai produk Talk Fusion, saya yang memang bekerja di bidang broadcasting dan sales melihat adanya peluang yang besar di dalamnya.


Apa yang membuat Anda sangat yakin terhadap bisnis Talk Fusion sehingga Anda berani meninggalkan Network Anda yang lama? (mengingat Anda telah memiliki prestasi yang cukup bagus di Network yang sebelumnya)

Saya sangat percaya karena yang mengajak saya adalah teman baik saya, ditambah lagi setelah mendengar penjelasan dari Pak Marsel saya menjadi semakin yakin dengan bisnis dan perusahaannya.

“Ini bisnis yang bagus dan kita berada di lingkungan teman sendiri. Bisnis akan lebih cepat berkembang saat dikelilingi orang-orang yang kita percaya.” – Joy Astro


Kapan Anda menjadi yakin Talk Fusion adalah sebuah peluang yang luar biasa?

Pada awal saya bergabung, selama 2 bulan pertama saya tidak memilki pemahaman sedikitpun mengenai bisnis maupun produknya. Selama ini saya bekerja di bidang broadcast, tetapi untuk urusan IT saya masih gaptek. Saat itu saya memang belum bisa menggunakan produk tetapi saya melihat produk Talk Fusion ini sangat unik, kita dapat mengirimkan email ke puluhan ribu orang untuk iklan dan promosi dan hal itu sangat efektif.

Pada awal saya bisa memakai produk, saya membuat video email untuk restoran Mie Tarik Gandeng yang baru saja saya dirikan. Saya dapat mendirikan restoran ini dengan modal yang saya miliki, tetapi jika berbicara mengenai promosi, dengan modal yang saya miliki saya tidak akan sanggup. Promosi memerlukan biaya yang sangat, sangat besar, tetapi begitu melihat video email saya tahu ini menjawab semua kesulitan saya. Saya membuat video cara membuat mie, menunjukkan konsep, siapa saja yang menyukai, lalu saya kirim ke rekan-rekan saya, dalam kurun waktu 2 bulan hasil yang saya dapatkan SANGAT POSITIF. Saya mendapatkan respon dari 7 orang investor yang ingin bekerjasama dengan saya.


Banyak orang tidak mau bergabung dengan Talk Fusion  dengan alasan tidak punya waktu?  Bagaimana pengalaman Anda tentang hal ini?

Saya melihat ada ketakutan di dalam diri mereka. Seperti ketakutan akan kehilangan  waktu bersama keluarga, teman, dan waktu istirahat yang akan terusik jika begabung dalam bisnis ini. Menurut saya orang-orang ini tidak sanggup bermimpi besar. Seperti yang Anda ketahui saya juga seorang yang sangat sibuk, tetapi karena saya melihat potensi luar biasa dan punya impian besar, maka saya menjalankan bisnis ini.


Apa impian seorang Joy Astro?

Impian saya bukan lagi mengenai uang, saya sudah tidak lagi mengejarnya. Dengan latar belakang saya seorang Geologi, saya sempat keluar masuk dua kali di perusahaan perminyakan. Bekerja di perusahaan perminyakan bisa mendapatkan gaji berkali lipat dari gaji saya sebagai seorang wartawan. Namun menjadi wartawan adalah passion saya. Pada waktu saya menjalankan pekerjaan saya sebagai wartawan, secara tidak langsung saya dapat membantu banyak orang.

Sama halnya ketika saya menjalankan Talk Fusion, saya bisa membantu banyak orang untuk mewujudkan impian mereka, saya mempunyai impian ingin membantu sebanyak mungkin orang Indonesia sukses di Talk Fusion.

Sebagai seorang wartawan saya telah mengunjungi banyak kota di Indonesia, saya banyak melihat kelaparan, ketidakadilan, penindasan dan saya mempunyai impian untuk mengubahnya. Untuk mewujudkan impian saya dengan cepat saya melihat Talk Fusion adalah jawabannya.


Banyak orang mengatakan jika Talk Fusion hanya untuk orang yang tidak punya pekerjaan, bagaimana menurut Anda ?

Kembali lagi seperti yang saya katakan sebelumnyaorang-orang tersebut mempunyai ketakutan yang besar sehingga mereka melupakan impiannya. Mereka tidak menyadari jika TALK FUSION ITU BISNIS. Talk Fusion adalah hadiah dari Tuhan untuk mengubah kehidupan kita.

Saya memiliki pertanyaan untuk orang-orang tersebut: “Apakah Anda ingin menjadi seseorang yang diperhitungkan? Apakah Anda ingin menjadi sejarah?”

Jika jawabannya adalah: “YA” Ada banyak cara untuk menjadi seseorang yang diperhitungkan, juga ada banyak cara untuk menjadi bagian dari sejarah, tetapi Talk Fusion memberikan Anda jalannya. Di sini telah tersedia training, materi, pertemuan, dan alat bantu, kita hanya perlu melakukan seperti yang telah diajarkan.

Robert T. Kiyosaki dalam bukunya The Business of the 21st Century mengatakan bahwa “MLM diperlukan semua orang untuk sukses, tanpa perlu modal yang banyak, tanpa perlu kekayaan yang banyak, yang diperlukan hanya ingin bekerja keras.”


Kapan pertama kali Anda datang ke pertemuan Vtrust?

Saya pertama kali datang ke pertemuan di Senayan Trade Centre. Pada saat itu saya melihat ada dokter, broadcaster, arsitek, pengusaha pertambangan, pemilik industri, agen asuransi dan banyak lagi profesi lainnya, mereka semua menjalankan bisnis ini dengan serius. Saya menyadari jika Talk Fusion berbeda dengan Network Marketing kebanyakan yang biasanya dalam setiap seminarnya mereka menunjukkan semangat tetapi kenyataannya bonus tidak ada. Di sini saya melihat mereka membuktikan jika mereka telah menghasilkan ratusan juta bahkan miliaran rupiah.


Bagaimana pengalaman Bapak dalam bulan awal jalankan Talk Fusion?

Saya bersyukur bahwa growth dalam team saya cukup besar dalam 1-2 bulan pertama. Saya dihadapkan pada situasi dimana saya harus menemui pengusaha-pengusaha besar yang latar belakang penghasilan mereka miliaran rupiah perbulan. Karena impian saya, saya dapat melewati itu semua.


Bagaimana Anda menanggapi penolakan yang diterima?

Banyak orang berkata:  “Kalau Joy Astro lebih enak, karena banyak orang sudah kenal.” Jika mereka tahu, saya pun mengalami penolakan. Beberapa pengalaman saya ketika saya masih presentasi saya ditinggal pergi, ada juga yang menghina saya dengan kata-kata yang kurang sopan. Di awal saya sangat sulit menerima penolakan ini, tetapi saya mengubah pola pikir saya. Saya menganggap ini adalah sebuah tantangan dan saya harus berhasil melewatinya.

Ketika kita bertemu orang negative maka kita perlu memberikan mereka pemahaman yang benar sehingga mereka mengerti dan menjadi positif,  jika mereka telah memiliki pemikiran yang positif maka pada waktu yang tepat mereka akan bergabung.

Pengalaman saya dari ratusan prospek biasanya ada 5% yang negatig, itu berarti produknya bagus dan bisnisnya luar biasa. 


Untuk mereka yang berpendapat Talk Fusion adalah Money Game? Bagaimana cara Pak Joy Astro menanggapinya.

Komisi kita  dari Talk Fusion dapat kita transfer ke rekening bank milik kita di Indonesia. Jika  kita perhatikan di buku tabungan kita, tertulis jelas jika uang itu berasal dari Talk Fusion, tidak pernah ada di dunia ini perusahaan money game yang memberikan informasi secara transparan.


Salah satu direktur perusahaan nasional melihat Talk Fusion adalah cara efektif untuk cut cost biaya iklan. Menurut Bapak seperti apa?

Saya memiliki kawan yang membelanjakan 6 Milyar Rupiah dalam waktu satu bulan untuk biaya iklan, saya bertanya kepada beliau, apakah benar itu efektif? Teman saya menjawab, “Intuisi saja karena saya yakin orang pasti nonton televisi.” Jika kita menawarkan Talk Fusion kepada teman saya, saya yakin tanpa pikir panjang teman saya akan memilih menggunakan produk Talk Fusion daripada menghabiskan uang miliaran sebulan.

Jika kita perhatikan dengan seksama, Talk Fusion ini mengirimkan pesan secara personal, seperti yang kita ketahui sesuatu yang personal akan menimbulkan sensasi yang berbeda terhadap seseorang. Pada waktu mereka menonton video email yang kita kirimkan mereka tidak merasa terintimidasi, hal ini sangat efektif untuk branding dan komunikasi. Kita bisa menggunakan produk Talk Fusion kapan saja, di mana saja, ini sangat bertolak belakang dengan ketika kita ingin menampilkan iklan di televisi yang tentunya durasi video menentukan seberapa besar cost yang harus kita keluarkan.

Jika dikatakan Talk Fusion ini sangat efektif untuk cut cost saya sangat setuju sekali.


Pada waktu saya menjelaskan hal ini, beberapa orang mengatakan kurang sependapat dengan saya, karena menurut mereka internet di Indonesia masih lemot. Saya mempunyai pemikiran simple, “Internet memang lemot sehingga jika kita menonton YouTube masih terputus-putus, tetapi semua orang tetap menonton YouTube. Pada kasus ini saya akan kembali bertanya: pada saat internet sudah kencang, kita ada di mana ?” – Joy Astro


Yang harus diingat dahulu orang tidak mau membeli Blackberry dengan alasan mahal, sebetulnya bukan karena harganya tetapi karena ladang bisnisnya belum disadari banyak orang. Jika Anda jeli melihat, Blackberry yang dipasarkan tanpa ada peluang bisnisnya saja bisa meledak sedemikian rupa, bagaimana dengan Talk Fusion yang dipasarkan dengan peluang bisnis yang dahsyat?


Di Talk Fusion, Anda bisa melakukan from zero to hero dan hal ini dapat mengubah kehidupan Anda. Sebelumnya tidak percaya diri menjadi sangat percaya diri. Tadinya tidak punya kemampuan menjadi mampu melakukan hal luar biasa. Dari tidak bisa melakukan Public Speaking menjadi hebat luar biasa dalam berbicara. Yang diubah bukan hanyalah materi melainkan juga kehidupan dan jiwa Anda.” – Joy Astro