Rich Without Risk

Click here to edit subtitle

Agus Gunawan

Saat Ini Zamannya Perusahaan Mengenal User-nya

Kota Solo memang patut berbangga, tidak hanya karena memiliki Jokowi yang sekarang menjadi Gubernur DKI Jakarta, tetapi Solo memiliki sosok pengusaha muda yang memperhatikan ke mana masa mengarah untuk mencapai hasil terbaik dari performa perusahaannya. Beliau adalah Bapak Agus Gunawan, CEO CV. Payung Asli. Perusahaan yang telah berdiri sejak 25 tahun lalu ini bergerak di bidang paper produk dan buku tulis. Berkat tangan dingin bapak Agus Gunawan yang memiliki mindset bisnis yang tajam serta pola pikir yang terbuka terhadap kemajuan dan kebutuhan user membuat perusahaan ini telah Go Nasional pada tahun 2012.

Pada saat wawancara ini berlangsung, perusahaan milik bapak Agus Gunawan ini sedang melakukan penetrasi pasar ke Indonesia Barat, terutama Jakarta dengan menggunakan Mega Trend Talk Fusion, berikut adalah perbincangan inspiratif kami…

 

Menurut pengalaman bapak sebagai CEO, seberapa penting Online Marketing untuk sebuah perusahaan?

Sekarang ini bukan lagi zamannya perusahaan tidak mengenal siapa user-nya, saat ini semua perusahaan harus tahu detail kebutuhan setiap user dan minat user terhadap sebuah produk. Untuk perusahaan kami sendiri, pendekatan kepada end user itu adalah poin yang sangat penting. Saya melihat media online marketing mampu memberikan pendekatan yang sangat personal kepada setiap user. Sehingga cara paling tepat dan efektif untuk menaikkan omset dan margin profit di zaman ini adalah dengan online marketing, di sana kita dapat melakukan pendekatan secara personal.

 

“Sekarang ini bukan lagi zamannya perusahaan tidak mengenal siapa user-nya.” – Agus Gunawan

 

Pengalaman perkenalan dengan Talk Fusion seperti apa?

Sebenarnya saya sudah diperkenalkan dengan Talk Fusion sejak tahun 2012, namun pada saat itu saya mengira market Indonesia belum cocok untuk promosi dengan menggunakan email. Pada saat itu saya berpendapat jika Talk Fusion hanya cocok dijalankan di kota-kota besar saja. Tetapi pada tahun 2013 seorang teman lama saya menceritakan tentang Talk Fusion kembali, saya melihat pasar Indonesia sudah siap untuk Talk Fusion dan saat itu saya memutuskan menggunakan produk Talk Fusion untuk marketing Payung Asli.

 

Bagaimana CV. Payung Asli bisa secara maksimal menggunakan produk Talk Fusion?

  • Divisi marketing kami mengumpulkan daftar email dari Facebook perusahaan kami. Kami tidak ingin sembarang mengirim email kepada orang yang tidak kami kenal baik, sebab hal itu tidak bekerja efektif. Alasan itu yang membuat kami memilih Facebook untuk menambang email dari mereka yang menyukai produk kami.
  • Kami memiliki brand ambassador yaitu Coboy Junior. Kami membuat sebuah video yang memang akan kami gunakan untuk iklan perusahaan kami, video tersebut tidak kami tayangkan di televisi. Kami distribusikan sendiri video tersebut menggunakan Video Email dan Video Newsletter Talk Fusion. Di luar dugaan hasilnya benar-benar luar biasa.
  • Keunggulan Talk Fusion adalah video yang kami kirim langsung masuk ke gadget, jadi jenis smartphone apapun bisa membuka video yang kami kirimkan, hal ini sangat membantu interaksi dengan konsumen. Beberapa konsumen setelah menerima video email kamibeberapa kali mulai bertanya, “Kenapa kok videonya tidak diperbarui terus?” melihat respon yang sangat bagus, saat ini kami berkonsentrasi mengembangkannya.
  • Saat ini divisi marketing kami sedang merancang sebuah program untuk memberikan reward kepada konsumen yang nantinya kami akan sebarkan untuk keperluan promosi menggunakan Video Email dan Video Newsletter Talk Fusion.

 

“Email Blasting Talk Fusion benar-benar membawa dampak sangat bagus! Terutama untuk product knowledge kepada konsumen. – Agus Gunawan

 

Mengapa memilih menggunakan Talk Fusion dan tidak menggunakan TV?

Kami pernah mencoba menayangkan video yang kami buat di televisi lokal dan untuk itu kami menghabiskan budget yang sangat besar. Untuk menayangkan iklan berdurasisatu menit kami harus mengeluarkan puluhan juta, sedangkan video kami berdurasi 5 menit dan dalam satu hari kami biasa menayangkannya lima kali. Biasanya jika ingin mendapatkan hasil yang lebih efektif, kita harus menayangkan iklan di televisi nasional pada “prime time”, yang tentunya membutuhkan biaya lebih besar lagi. Bisa dibayangkan setiap bulan perusahaan kami mengeluarkan biaya ratusan bahkan miliar rupiah hanya untuk biaya iklan di televisi, belum termasukbiayauntuk media yang lainnya. Akhirnya, kami sadar bahwa optimalisasi budget dengan hasil yang diharapkan itu tidak sebanding.

Pada saat saya melihat produk Talk Fusion ini, saya melihat ini sangat murah untuk standard iklan perusahaan. Produk Talk Fusion memungkinkan kami untuk mengirim email dengan konten yang bisa kami sesuaikan untuk kebutuhan kami, kami juga bisa melakukan blasting email ke ribuan orang yang notabene adalah market yang memang ingin dituju oleh perusahaan di waktu yang bisa kami tentukan sendiri.

 

Apakah market video email yang dikirimkan oleh CV. Payung Asli hanya ditujukan untuk anak sekolah?

Kami telah melakukan survey dan disebutkan bahwa para Ibu Rumah Tangga membuka internet minimal 5 menit sehari, jadi divisi marketing kami saat ini sedang menyusun program untuk segmen ibu-ibu. Melalui Talk Fusion kami ingin memberikan product knowledge dari merek perusahaan kami, yang bertujuan agar Ibu Rumah Tangga mengenal dekat produk kami sehingga mereka akan memastikan setiap orang yang mereka kenal akan menggunakan produk dari perusahaan kami.

 

Apakah perusahaan Anda mendapat kenaikan omset pada saat mulai melakukan promosi menggunakan produk Talk Fusion?

Omzet yang naik cukup signifikan, dari produk siswa saja ada kenaikan berkisar di 30-40%.

Jika kita perhatikan baik-baik, sebenarnya kenaikan ini terjadi karena kami melakukan pendekatan secara personal melalui video email dan video newsletter, kemudian mereka bisa berinteraksi dengan kami melalui Facebook. Pada saat masyarakat mulai mengenal produk kami dan merasa lebih dekat, maka saat itulah kami telah memenangkan hati pelanggan kami.

 

Apakah perusahaan Anda menggunakan produk lain dari Talk Fusion selain Video Email dan Video Newsletter?

Di perusahaan saya setiap bulan diadakan sales meeting yang dihadiri oleh seluruh distributor kami dari Solo, Jakarta, Cirebon, Surabaya, dan Medan. Sebelum kita mengenal Talk Fusion mereka kami undang ke kantor pusat di Solo, di sini kami mengeluarkan biaya yang cukup besar dantentunyahalinimengurangi efektifitas kerja. Dari dulu kami mencari cara bagaimana untuk bisa meeting tanpa meninggalkan kota mereka. Kami pernah menjumpai produk sejenis, sayangnya untuk komunikasi hanya bisa dilakukan satu lawan satu, sedangkan yang perusahaan kami butuhkan adalah satu lawan banyak. Ketika kami menggunakan produk Live Broadcasting dan Video Conference dari Talk Fusion, kami merasa ini sangat efektif mengingat kami bisa melakukan conference meskipun mereka tidak memiliki account Talk Fusion. Kami mendapatkan apa yang selama ini kami cari yaitu cut cost and efektifitas.

 

Banyak yang memiliki ketakutan terhadap internet Indonesia yang masih lemot?

Penjualan perusahaan kami meningkat dan mendapatkan respon positif karena media marketing dari Talk Fusion dan itu menggunakan video. Saat ini kita semua bisa melihat bahwa perusahaan provider GSM berlomba-lomba menaikkan bandwith, saya yakin internet di Indonesia akan semakin cepat dari hari ke hari. Indonesia saat ini sedang mempersiapkan infrastruktur untuk internet yang lebih baik, jadi tidak ada alasan untuk memiliki ketakutan terhadap internet Indonesia. Jujur kami memang melakukan branding dengan Talk Fusion untuk pasar middle dan high, sebab pendapatan perkapita Indonesia saat ini terus bertumbuh yang menyebabkan pasar buku tulis low end akan berkurang dengan berjalannya waktu. Maka dari itu branding masa depan saya mulai hari ini.

 

Adakah kiat khusus untuk pengusaha yang ingin menggunakan produk Talk Fusion untuk mempromosikan usaha mereka?

Jika Anda benar-benar memahami, Talk Fusion bisa sangat efektif sebagai media pemasaran dan komunikasi bagi produk dan bisnis anda, apa pun itu bidang usahanya. Mengapa Anda tidak berdiam sejenak, mencari tahu apa yang diminati pasar dan mulai menggunakan produk Talk Fusion untuk mendekatkan diri kepada konsumen Anda. Jika Anda telah mendapatkan hati konsumen Anda, maka mereka akan memakai produk Anda selamanya.