Rich Without Risk

Click here to edit subtitle

 

Rich Dad Poor Dad

 

Judul Buku

Pengarang

Penerbit

Tahun Terbit 

Jumlah halaman

:  Rich Dad, Poor Dad

:  Robert T. Kiyosaki bersama Sharon L. Lechter C.P.A.

:  PT. Gramedia Pustaka Utama

:  2004

:  238 halaman

Buku ini berisi pengetahuan tentang finansial yang mudah dimengerti dengan konsep - konsep sederhana yang ditawarkan tentang hakikat uang.  Buku ini juga mengubah pandangan kita tentang kemakmuran yang orang awam biasa menyebutkan dengan banyak uang. Banyak uang bukan berarti makmur, tapi orang yang bisa membuat uang dapat bekerja untuk dia adalah orang yang makmur. Tujuan yang ingin disampaikan dalam buku ini adalah "Bagaimana membuat uang bekerja untuk kita." Dalam buku ini dibedakan secara tegas antara kewajiban (liabilitas) dan aset.  Aset secara sederhana adalah sesuatu yang menaruh atau memasukkan uang ke dalam saku sedangkan liabilitas adalah sesuatu yang mengeluarkan uang dari saku.


Buku ini membahas juga tentang mengapa kita harus melek belajar melek finansial dalam hal ini berarti kemampuan untuk membaca dan memahami hal-hal yang berhubungan dengan masalah finansial/keuangan dan bagaimana memandang bahwa bekerja itu adalah suatu pembelajaran dan diharapkan kita jangan bekerja untuk uang.


        Hambatan-hambatan yang sering dialami oleh para pebisnis juga dibahas disini yaitu ketakutan, sinisme, kemalasan kebiasaan buruk dan arogansi serta cara untuk mengatasinya. Buku ini juga mengkritisi tentang sistem pendidikan sekarang. Sistem pendidikan saat ini tidak mampu mengikuti laju perubahan global dan teknologi di dunia sekarang ini dan cenderung mengajarkan kita untuk menjadi pekerja yang baik bukan pebisnis yang handal. Penyampaian konsep-konsep finansial dalam buku ini sangat mudah dimengerti karena banyak diselingi oleh cerita-cerita. Rich Dad, Poor Dad adalah alat pendidikan untuk setiap orang yang tertarik untuk menjadikan pendidikan dan posisi finansialnya menjadi lebih baik. (Segala Sumber)