Rich Without Risk

Click here to edit subtitle

Riza Wibowo
Percepatan Pendapatan Talk Fusion

Sosok yang ramah, berpikiran terbuka, energik, dan berjiwa muda, itulah kesan pertama yang kita dapatkan dari seorang Riza Wibowo. Kata-kata lugas dan tajam terdengar dari ucapan yang beliau sampaikan. Melalui perbincangan yang mengalir menunjukkan bahwa beliau adalah sosok yang semangat dan memiliki visi jangka panjang di bisnis ini.

Beliau yang dulunya ANTI MLM hari ini BERPRESTASI di Talk Fusion.


Bapak Riza Wibowo memiliki latar belakang:

• Bergabung dengan Lippo Group sejak 2007

• General Manager CITO Mall di Surabaya

• Regional Mall Director Jawa Timur, Indonesia Timur, Group Lippo Mall Indonesia

• Ketua Asosiasi Pusat Belanja Indonesia Wilayah Jawa Timur


Menurut Pak Riza apakah membuka diri untuk peluang itu bagus?

Menurut saya membuka diri itu sangat positif. Tidak hanyak untuk MLM, tetapi juga untuk semua pekerjaan kita sehari-hari. Sebab saya bisa mencapai posisi saya hari ini pun dengan membuka diri. Ketika pertama kali bergabung dengan Lippo Group saya mengawalinya dengan menjadi seorang Chief Engineering, tetapi saya tidak ingin berhenti pada teknik saja. Latar belakang saya bukan salesmarketing, tetapi teknik. Dengan membuka diri, pimpinan mempercayai saya untuk memimpin beberapa bidang – karena saya ingin tahu seperti apa semuanya, hingga akhirnya saya bisa menduduki posisi General Manager dan setahun setelahnya saya menduduki posisi Direktur serta Presiden Direktur di salah satu anak perusahaan Lippo Group.


Bagaimana Anda mengetahui Talk Fusion pertama kali?

Saya pertama kali mengetahui tentang Talk Fusion saat diajak oleh salah seorang staff saya sendiri, pada bulan Juni 2013. Staff saya mengajak untuk bertemu dan saya sudah menduga bahwa yang ingin ditawarkannya pasti MLM. Tetapi terus terang saya ini orangnya positif. Meskipun dasarnya saya tidak suka MLM, saya tidak menolak untuk bertemu. Dalam pikiran saya waktu itu, “Hanya untuk bertemu apa salahnya? Tidak perlu membayar dan juga saya ingin tahu lebih jelas mengenai bisnis apa yang ingin ditawarkan.”

Saya telah bertemu banyak orang, dan biasanya begitu mereka tahu bahwa yang ditawarkan adalah MLM, mereka akan langsung menolak – tidak mau bertemu.


Apa kesan pertama saat diajak bertemu oleh staff Bapak?

Terus terang, saat dipresentasi dan dijelaskan mengenai bisnisnya saya bingung. Bingung, ini maksudnya apa dan maunya apa. Ternyata pada saat dijelaskan mengenai produknya yang tak lain adalah video komunikasi, saya memutuskan untuk mengetahuinya lebih banyak. Melihat penjelasan yang diberikan saya memberanikan diri untuk bergabung karena saya melihat produknya sangat luar biasa. Saya adalah seorang yang selalu ingin lebih – saya tidak puas dengan posisi sekarang – dalam segi income maupun hal-hal lain.Tetapi saat pertama kali bergabung, saya belum begitu paham dengan produk Talk Fusion. Setelah bergabung hari demi hari saya semakin sadar akan kehebatan produk Talk Fusion yang luar biasa ini.


Jadi, apa alasan Bapak menjalankan Talk Fusion?

Pada dasarnya saya orang yang suka dengan bisnis yang dapat saya kendalikan sendiri. Di bisnis Talk Fusion kita sendiri yang dapat menentukan kapan kita akan menjalankan dengan serius. Kita dapat menentukan target dan waktu kita sendiri, selain itu saya melihat perusahaan Talk Fusion merupakan sebuah perusahaan internasional yang dari segi keuangan serta pembayaran komisinya terjamin dilengkapi dengan produk-produk Talk Fusion yang revolusioner.


Siapa yang pertama kali Bapak ajak untuk bergabung di bisnis Talk Fusion?

Saya mengajak warm market saya, orang yang percaya dan dekat dengan saya.Tapi terus terang diawal dulu saya tidak menceritakan bisnis, saya menceritakan produknya. Dari sisi produk saja mereka sudah tertarik. Pertama-tama, saya mengajak para General Manager Mall dan para Event Organizer yang pernah bekerja sama dengan tempat saya. Ketika mereka melihat Talk Fusion mampu memotong biaya promosi, maka mereka bergabung tanpa berpikir lama. Saya juga menawarkan kepada Lippo Group, dimana Lippo Group adalah perusahaan raksasa yang bergerak di berbagai macam bidang.


Bagaimana langkah Bapak dalam menjalankan bisnis Talk Fusion?

Awalnya saya tidak menjalan Talk Fusion karena kesibukan saya di mana harus menghadiri rapat di beberapa kota. Saat saya diajak oleh upline saya untuk datang ke BOP saya sering menolak, saya merasa apa yang dibicarakan selalu sama setiap minggu mengapa harus hadir untuk menonton sesuatu yang kita sudah tahu bahkan hafal diluar kepala. Pernah suatu kali saya membeli tiket untuk menghadiri pertemuan di Makassar, tetapi karena kesibukan pekerjaan saya tidak bisa menghadiri pertemuan tersebut. Saya sempat berpikir, rasanya bisnis saya tidak berjalan – tetapi pada waktu saya melihat komisi saya dalam 3 minggu sudah menghasilkan $600 USD, saya mulai tergugah untuk menjalankan dengan serius bisnis Talk Fusion. Saya mulai menyiapkan waktu untuk datang ke pertemuan BOP, saya merendahkan ego saya dengan mau belajar dari mentor-mentor saya yang semuanya rata-rata jauh lebih muda dari pada saya. Dalam BOP tersebut saya bertemu Bapak Mario dan Bapak Marsel, mereka berdua sangat menginspirasi saya.


Apakah pernah terpikirkan dalam benak Anda, “Saya ini kan General Manager, sekolah tinggi-tinggi, kok menjalankan bisnis seperti ini..?”

Dulu saya paling benci ketika melihat seseorang yang mengambil selembar kertas dan menggambar segitiga, saya merasa ini pasti salesman gagal, orang yang tidak punya pekerjaan dan penghasilan lalu mencari jalan pintas dengan menjalankan MLM. Sekarang semuanya berubah, saya melakukan seperti itu sekarang. Setiap kali bertemu siapapun saya mulai mengambil selembar kertas dan mulai menceritakan tentang peluang Talk Fusion. Saya tidak lagi merasa gengsi, saat ini saya memiliki mindset “Saya menawarkan Talk Fusion untuk membantu Anda, memberikan Anda peluang dan kesempatan bukan mengemis meminta uang Anda.”


Apakah dengan posisi yang Anda miliki Anda mengalami penolakan ketika menawarkan Talk Fusion?

Tentu saja, di dunia ini pasti ada yang menolak dan pasti ada yang menerima ketika kita menawarkan sesuatu. Saya akan terus berjalan karena saya tahu orang-orang yang sukses adalah mereka yang telah mengalami penolakan lebih banyak. Semakin banyak bertemu orang semakin banyak ditolak, saya tetap semangat karena sudah terbukti, orang yang dulunya menolak saya hari ini telah bergabung di bisnis ini.


Berarti kapan tepatnya Bapak menyadari potensi di bisnis Talk Fusion?

Dulu saya adalah orang yang anti terhadap MLM, setelah bergabung dan mempelajari lebih dalam saya semakin melihat potensi dalam bisnis ini. Saya melihat produk Talk Fusion mampu memangkas biaya komunikasi dan biaya promosi. Di dalam mengelola Mall, ada pengeluaran yang termasuk 3 rangking tertinggi, yaitu: listrik, gaji pegawai, dan promosi. Promosi Mall itu bernilai Miliaran Rupiah! Dengan memasukkan iklan ke koran saja sudah memakan biaya ratusan juta rupiah, bayangkan jika kita menggunakan produk Talk Fusion untuk ber-iklan, pihak Mall dapat menghemat ratusan juta rupiah setiap bulannya. Karena hal tersebut, saya berani mengatakan produk Talk Fusion sangat luar biasa!

Lalu jika melihat bisnis Talk Fusion untuk kepentingan pribadi saya, ini adalah merupakan jawaban dari doa saya. Sebenarnya saya sudah beberapa kali diajak teman untuk membuka sebuah restoran. Setelah saya bandingkan hasilnya dengan Talk Fusion, hasil akhirnya sungguh Tidak Sebanding! Talk Fusion menawarkan begitu besar untuk investasi yang sangat kecil. Oleh karena itu, saya tinggalkan ide membuka restoran dan mulai menjalankan Talk Fusion dengan serius.


Apa yang membuat Bapak percaya dengan sistem pembayaran di Talk Fusion?

Ketika saya mengetahui Talk Fusion memiliki standardisasi DSA, saya sangat yakin akan kredibilitas perusahaan ini, karena untuk memenuhi standarisasi DSA tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dari ribuan perusahaan yang mendaftar, hanya dipilih kurang dari 200 perusahaan saja dan Talk Fusion merupakan member DSA. Talk Fusion sendiri bekerja sama dengan Bancorp, dimana Bancorp merupakan sebuah perusahaan raksasa yang memiliki legalitas tinggi. Saya sangat senang sekali dengan system pembayaran instant Talk Fusion, dimana ketika kita mengajak seseorang bergabung maka komisi kita akan dibayarkan kurang dari 3 menit, hal ini merupakan suatu kekuatan yang sangat luar biasa. Pada zaman sekarang ini masyarakat suka sesuatu yang instant.


Bagaimana pandangan Anda terhadap Talk Fusion yang telah melahirkan banyak Milliader baru dalam bisnis Network Marketing di Indonesia?

Saya melihat tidak ada perusahaan lain yang mampu memiliki percepatan penghasilan seperti Talk Fusion. Dengan adanya percepatan ini, saya melihat sendiri ada beberapa orang memilih mundur dari usahanya dan serius menjalankan Talk Fusion. Saya berani memastikan penghasilan kita sebagai karyawan kalah percepatannya dengan Talk Fusion. Pada awalnya ketika saya melihat pengusaha-pengusaha besar menjalankan Talk Fusion, saya bertanya-tanya apa sebetulnya yang mereka cari? Dibandingkan dengan bisnis mereka yang bernilai ratusan juta bahkan milliaran rupiah, komisi $150 USD bukan bandingannya. Saya terus mempelajarinya sampai saya akhirnya mendapatkan jawabannya, mereka melihat dari segi percepatan pendapatan. Bisnis yang mereka jalankan membutuhkan modal yang sangat besar dan jika gagal maka pengusaha itu bisa gila, sedangkan di Talk Fusion Anda hanya bermodalkan Rp 23juta saja Anda bisa mendapatkan miliaran rupiah. Hal inilah yang membuat saya bersemangat untuk menawarkan bisnis Talk Fusion kepada setiap orang yang saya jumpai.


Apakah benar yang dikatakan orang bahwa join Talk Fusion itu menguntungkan?

Tentu saja, sangat menguntungkan sekali! Ketika saya bertemu dengan teman saya yang sudah mempunyai restoran ternama, kami berbicara secara terbuka.Teman saya mengeluarkan investasi ratusan juta rupiah sedangkan saya menjalankan Talk Fusion, modal yang saya keluarkan hanyalah 23juta. Mengenai hasil yang didapatkan jauh lebih besar di Talk Fusion, ditambah lagi ketika kita menjalankan Talk Fusion kita tidak memerlukan karyawan, tidak perlu sewa tempat, tidak perlu rumit memeriksa pembukuan.


Bagaimana cara Anda mengimplementasikan produk Talk Fusion di perusahaan Anda?

Dengan memakai produk Talk Fusion, perusahaan dapat mengurangi biaya promosi.

• Pusat belanja pasti menggalakkan promosi dengan berbagai cara seperti :Email blastBBM blast, Facebook, Twitter dan lainnya. Semuanya itu akan kita ubah dengan menggunakan Video Email dan Video Newsletter.

• Komunikasi dengan tenant tidak lagi menggunakan kertas, selama ini ketika menggunakan kertas maka yang terjadi adalah SPG atau pemilik membaca informasi dan pengumuman lalu dibuang ke sampah. Dengan menggunakan produk Talk Fusion maka akan sangat efesien, tepat guna, langsung ke orangnya dan yang paling penting adalah kita mengetahui jika mereka telah menerima informasi tersebut karena kita mendapatkan laporan dari Talk Fusion jika mereka telah melihat informasi yang kita kirimkan.

“Engineering itu tujuannya membuat segala sesuatu simple, efektif, efisien, dan cepat. IT juga engineering. Talk Fusion ini membuat segalanya simple. Talk Fusion juga menyediakan bagaimana Anda bisa mencari uang secara simple, Mengapa cari yang susah-susah!” - Riza Wibowo